Tersenyum itu indah. Maka tersenyumlah untukku ^_^ Jangan lupa komentarnya (y) :D

Senin, 26 November 2012

Dahsyatnya Nikah Muda

• Bersama dua orang temannya, Lois Hoffman, seorang profesor psikologi di Michigan University, menulis sebuah buku dengan judul "Developmental Psychology Today". Berdasarkan beberapa penelitian mutakhir, Hoffman dan kawan-kawan menulis satu bahasan khusus tentang menikah pada usia dewasa muda (young adulthood) yakni dari usia 18 tahun sampai sekitar 24 tahun.

Ada hal yang
menarik dalam buku ini. Hoffman menngungkapkan, bahwa angka statistik di Amerika menunjukan 34,6% perempuan usia 20-24 dan 21,4% laki-laki usia yang sama melakukan pernikahan, sementara mereka masih menempuh studi di perguruan tinggi. Salah satu hal yang mempengaruhi keputusan mereka untuk menikah bukan kumpul kebo, melainkan komitmen. Selain komitmen, faktor lain sangat berpengaruh terhadap keputusan untuk menikah pada usia muda adalah tanggung jawab.

• Pakar Psikologi, Diane E. Papalia dan Slly Wendkos Olds dalam buku Human Development (1995), mengemukakan bahwa usia terbaik untuk menikah bagi perempuan adalah 19-25 tahun, sedangkan bagi laki-laki usia 20-25 tahun seharusnya sudah menikah. Ini adalah usia terbaik untuk menikah. Baik untuk memulai kehidupan rumah tangga maupun untuk menjadi pengasuh anak pertama (the first time parenting).

• Yang lebih mengejutkan adalah temuan Campbell dan kawan-kawannya, bahwa yang paling bahagia diantara pasangan nikah, adalah pasangan nikah usia 20-an.

Masih mau nunda-nunda nikah? :)